Belajar Komputer Tematik di Kampus Universitas Budiluhur - PKBM Negeri 26 Bintaro

Sabtu, 27 Juli 2019

Belajar Komputer Tematik di Kampus Universitas Budiluhur

Belajar Komputer Tematik di Kampus Universitas Budiluhur

(Jakarta-PKBM26) Melihat antusias peserta didik kami dari PKBM 26 yang sedang belajar komputer di kampus Universitas Budiluhur, Jalan Ciledug Raya Pesanggarahan, Jakarta Selatan ini sangat menggembirakan. Mereka belajar di hari Sabtu sementara belajar regularnya setiap Senin sampai Jumat. Hadir 19 orang terdiri dari Paket B9, C10 , C11 dan C12.

Program kampus Universitas Budiluhur jurusan Teknologi Informatika ini, menurut Ketua Program, sekaligus Lektor Kepala Nawindah, S.Kom, M. Kom,  merupakan bentuk program Pengabdian kepada Masyarakat yang kerapkali menyasar lembaga  PKBM sekitar kampus sebagai mitra pengabdiannya. Karena menurutnya, Sarana TI, khususnya komputer di lembaga PKBM berbeda dengan yang ada di sekolah formal, di PKBM masih sangat terbatas. Untuk itulah kami seringkali bersinergi dengan PKBM baik PKBM Negeri 27 Petukangan Selatan yang paling dekat dengan kampus maupun PKBM Negeri 26 Bintaro. Hal ini sangat sinergis dimana ketersediaan narasumber teknis dan perangkat TI di PKBM sangat terbatas sedangkan cakupan program keterampilan  yang harus dilaksanakan oleh PKBM Negeri sangat luas jangkauannya.

Karenanya, program Pengabdian kepada Masyarakat dari kampus Budiluhur Jakarta Selatan ini sangat diapresiasi sebagai bentuk kerjasama yang saling menguntungkan. Dari sisi program PKBM khususnya pendidikan kesetaraan ada tuntutan besar pada siswanya yaitu   amanat dari  implementasi K13 di mana para pesertanya   harus dibekali hard skill dan soft skill.

Kemampuan  hardskill berupa keterampilan komputer  ini kurikulumnya telah didesain oleh para instruktur yg terdiri dari para dosen TI secara langsung sebagai tim pengajar. Kurikulum ini tentunya telah disesuaikan dengan kebutuhan lembaga PKBM baik untuk peserta didiknya maupun guru-gurunya.

Keterampilan komputer merupakan modal besar di abad sekarang ini. Ketersediaan SDM bidang TI pun kini melimpah, namun keterbatasan SDM di pendidikan kesetaraan seperti PKBM 26 dan PKBM lainnya sangat terbatas.

Rupanya kampus sangat mengerti dengan kebuthan PKBM di mana para siswanya ada yg sibuk kerja demikian pula gurunya masih banyak yg kurang familiar dengan maksimalisasi TI dalam mendukung pembelajaran di abad 4.0. Karenanya kampus memberikan pelatihan secara tematik.  Dalam setiap sesi ada keterampilan yg harus dibuat dan dihasilkan secara terukur dan bisa diliat.  Dalam sesi pertama  tadi pagi dari jam 9.30 -12.00 misalnya,  peserta  yg hadir  dilatih membuat presentasi dan graphic secara langsung oleh para pakarnya.

Demikian juga peserta yang berasal dari PKBM 27, para gurunya pun ikut  dilatih agar familiar dengan penggunaan teknologi informatika agar mendukung dalam pembelajaran di kelas yang lebih  interaktif dan menarik.

Peserta didik tengah diajar oleh para dosen Univ. Budiluhur
Tentu saja program ini merupakan yang patut dilanjutkan agar terus bersinergi. Pilihan kepada lembaga PKBM sangat tepat sekali. Bukan saja karena para siswanya terbatas dan banyak yang sambilan bekerja dan berkeesibukan, di sisi lain karena muatan keterampilan bagi siswa Paket C dan paket B perlu mendapaat porsi yang banyak.(kur)



Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PKBM Negeri 26 Bintaro | All Right Reserved